Jakarta, CNN Indonesia

Mantan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku nyaman berpasangan dengan politikus Demokrat Emil Dardak untuk kembali maju sebagai pasangan calon gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub) Jatim di Pilkada 2024.

“Kalau saya ditanya saya nyaman dan produktif bersama mas Emil, jadi (dilihat) dari berbagai capaian prestasi di Jawa Timur,” kata Khofifah dalam Podcast What the Fact! Politics, Rabu (8/5).

Khofifah mengatakan selama memimpin Jatim bersama Emil, mereka telah menorehkan berbagai capaian prestasi. Ia merasakan dalam kurun waktu lima tahun telah memiliki keserasian, harmoni dan produktivitas yang saling beriringan dengan Emil.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Menurut saya dalam lima tahun kemarin itu secara produktif, jadi nyaman sebenarnya,” lanjut Khofifah.

Meskipun demikian, Khofifah mengatakan bahwa pencapaian di Jawa Timur bukan cuma berkat dirinya maupun Emil Dardak. Semua prestasi dapat tercapai selama.lima tahun belakangan karena peran semua elemen strategis di Jawa Timur.

Lebih lanjut, Khofifah juga merespons partai pengusung seperti PAN, Golkar, dan Gerindra hingga awal Mei 2024 masih belum merekomendasikan kembali nama Emil Dardak sebagai cawagub di Pilkada Jatim. Khofifah mengatakan sejauh ini ia masih terus menjalin komunikasi terkait hal tersebut.

“Oh iya kita komunikasikan kita komunikasikan, iya sudah sudah mengkomunikasikan,” kata Khofifah.

“Mudah-mudahan kita kan tetap harus mengkomunikasikan dengan semua partai pengusung mudah-mudahan ada kesesuaian dari partai-partai pengusung untuk mencari yang terbaik untuk bisa mengomandani Jawa Timur ke depannya,” tambah mantan Menteri Sosial itu.

Khofifah juga menjelaskan bahwa semua elemen baik Gubernur, Wakil Gubernur, dan semua elemen strategis harus memiliki keserasian ibarat penampilan orkestrasi musik.

“Sebuah orkestra itu ada konduktor, di sana seruling, di sana saksofon, dan seterusnya. Saya merasa keserasian harmoni dan produktivitas mas Emil itu beriringan,” ucap Khofifah.

Khofifah saat ini sudah mengantongi rekomendasi dari Demokrat, PAN, Gerindra dan Golkar untuk maju kembali sebagai calon gubernur di Pilkada 2024.

Meski begitu, Partai Demokrat menjadi satu-satunya yang langsung mengajukan nama wakil menjadi satu paket, yakni Khofifah dan Emil Dardak, sama seperti periode sebelumnya untuk maju lagi dalam Pilgub Jatim 2024.

Tiga partai lainnya belum menyetujui keduanya berduet untuk periode selanjutnya. Belum ada pernyataan resmi pula nama-nama yang hendak mereka ajukan untuk mendampingi Khofifah.

(rzr/csp/DAL)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *